Jumat, 09 November 2018

cara kerja alat labotarium

CARA KERJA OVEN LISTRIK
Image result for OVEN LISTRIK
·         Tiap oven memiliki rak. Sebelum menggunakan oven, cobalah melepaskan dan memasukkan rak tersebut ke dalam oven. Anda mungkin nantinya perlu menyesuaikan posisi rak tergantung apa yang Anda masak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui caranya.
·         Pelajari cara menyalakan dan mengatur suhu oven. Biasanya, Anda hanya perlu memutar kenop di bagian depan untuk melakukannya. Lalu, atur suhu dengan memutar kenop sampai mencapai suhu yang diinginkan. Beberapa jenis oven akan memberi tanda, misalnya lampu indikator yang menyala dan mati atau mengeluarkan bunyi untuk menunjukkan bahwa oven sudah cukup panas.

CARA KERJA SOIL TESTER
Image result for SOIL TESTER
Cara pemakaiannya adalah menancapkan ujung alat ke tanah yang ingin diukur, kemudian tekan tombol dengan lama untuk mengukur pH tanah dan dengan tidak menekan tombol untuk mengukur kelembapan tanah. Liat penunjuk pada soil tester. Nilai yang di atas menunjukkan nilai pH tanah 1-14 dan nilai yang di bawah menunjukkan nilai kelembapan tanah (dalam %).

CARA KERJA ANALYTICAL BALANCE
Image result for ANALYTICAL BALANCE
Prinsip kerja Analytical Balance yaitu dengan penggunaan sumber tegangan listrik yaitu stavolt dan dilakukan peneraan terlebih dahulu sebelum digunakan, kemudian bahan diletakkan pada neraca lalu dilihat angka yang tertera pada layar, angka itu merupakan berat dari bahan yang ditimbang.
menyalakan alatnya dengan menekan control di layar dan setelah menyala tunggu beberapa detik kemudian akan me-reset ke angka 0.0000.

Selanjutnya tempatkan kertas atau benda lainya  ke dalam pan keseimbangan, tutup pintu kaca dan tunggu lampu hijau disebelah kiri, ini ada lampu indicator stabilitas yang berguna untuk menunjukan bahwa berat benda yang stabil dan tekan panel control untuk membatalkan beban kemasan dan layar akan kembali membaca 0.0000.

Agar timbangan analistis tersebut memberikan hasil yang akurat, perangkat harus dihangatkan selama minimal 4 jam setelah terpasang untuk pertama kalinya atau setelah pemadaman listrik yang lama. Setelah itu keseimbangan akan mencapai suhu operasi yang diperlukan

CARA KERJA MIKROSKOP BINOKULER
Image result for MIKROSKOP BINOKULER
1.      Kabel ditancapkan pada mikroskop dan sumber listrik.
2.      Tombol "ON" dinyalakan sehingga lampu akan menyala. Terang cahaya lampu dapat diperbesar dengan menggeser pengatur besar kecil cahaya lampu mikroskop.
3.      Tuas diafragma digeser dari posisi MIN ke posisi MAX atau mendekati MAX agar diperoleh pencahayaan yang terang pada obyek yang sedang diamati.
4.      Preparat di pasang pada meja benda.
5.      Objek pada mikroskop pertama kali dicari pada perbesaran lemah (4 x 10) dengan cara memutar sekrup kasar mikroskop.
6.      Obyek dapat diperbesar atau diperjelas dengan menambah ukuran lensa okuler. Penambahan ukuran lensa okler dilakukan dengan menggeser revolver.
7.      Perubahan lensa okuler menyebabkan obyek yang telah tampak pada perbesaran lemah akan menjadi kabur. Obyek yang menjadi kabur dapat diperjelas dengan menggeser sekrup halus. Sekrup kasar mikroskop sebaiknya tidak digunakan ketika memperjelas obyek. Penggunaan sekrup kasar pada perbesaran kuat dapat menyebabkan pecahnya kaca benda atau preparat yang sedang diamati.

CARA KERJA MIKROSKOP CAHAYA
Image result for MIKROSKOP CAHAYA
·         Lensa obyektif berfungsi dalam pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah.
·         Lensa okuler, adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.
·         Lensa kondensor, adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal.

CARA KERJA MIKROSKOP STEREO

1.      Mikroskop stereo yang digunakan tidak memiliki lampuyang disebut built-in. Untuk melakukan pengamatan, cahaya bisa berasal dari cahaya lampu yang dipasang secara eksternal atau cahaya lampu ruangan. 
2.      Letakkan objek yang akan diamati di meja benda kemudian atur fokus dengan menggunakan pengatur makro sambil melihat bayangan objek melalui lensa okuler. 
3.      Untuk pengaturan perbesaran atur sekrup pengatur perbesaran (magnification control) pada sebelah kanan teropong pada perbesaran yang diinginkan. Angka yang tertera adalah 0.8,1, 2, 3, 4, dan 5. Total perbesaran adalah perbesaran lensa okuler x perbesaran pada magnification control. Misal 10x0.8=8 kali. 



CARA KERJA MIKROSKOP ULTRAVIOLET
Image result for MIKROSKOP ULTRAVIOLET
ini adalah objek ditaruh di bagian pengamatan, kemudian diberikan cahaya ultraviolet dari bagian bawahnya. Karena tidak mungkin dilihat dengan mata, maka digunakan lembar film untuk menangkap penampakannya. Jadi hasil penampakan akan terlihat dalam bentuk lembar film mirip ronsen.

CARA KERJA  INCUBATOR
Image result for INCUBATOR
1.      Set TIMER dengan memutar tombol TIMER sesuai waktu yang diinginkan, di set awal per 10 jam , jadi jika ingin menginkubasi selama 24 jam putar tombol pada posisi 2 lebih 4 strip
2.      Untuk set suhu, tekan tanda <  kemudian digit hijau akan berkedip. Naikkan atau turunkan dengan menekan ^/v kemudian tekan MD (enter). Catatan: SV : digit hijau suhu yang diinginkan PV: digit merah, suhu yang ada sekarang

CARA KERJA LAMINAR AIR FLOW
Image result for LAMINAR AIR FLOW

Sebelum memakai alat LAF, Spray chamber kerja terlebih dahulu menggunakan   alkohol 70% Secukupnya .Hidupkan UV Lamp selama 20 menit .
Setelah 20 menit matikan UV Lamp dan Hidupkan TL Lamp. Hidupkan Exhaust menggunakan dimmer dengan skala penuh,supaya isap dorong lebih sempurna.Mulailah bekerja dengan hati-hati.Selesai bekerja matikan exhaust sampai pada posisi OFF.Bersihkan meja kerja dan matikan lampu TL. Hidupkan kembali UV Lamp selama 20 menit untuk mensterilkan chamber LAF .

CARA KERJA ERLENMEYER 
Image result for ERLENMEYER
- Pegang leher Erlenmeyer, masukkan larutan yang akan di encerkan/titrasi.
- Diguncangkan dengan perlahan dan hati-hati serta lihat perubahan warna.

 

CARA KERJA AUTOCLAVE

Image result for AUTOCLAVE
1.      Sebelum mulai melakukan sterilisasi, biasanya kita harus mengecek terlebih dahulu air yang tertampung dalam autoclave. Apabila air yang ada ternyata masih kurang dari batas minimum, maka tambahkan lagi air hingga mencapai batas tersebut. Sebaiknya gunakan air yang merupakan hasil destilasi guna menghindari kerak serta karat.
2.      Masukkan peralatan dan juga bahan yang hendak disterilkan. Jika kita hendak mensterilisasi botol dengan tutup ulir, maka tutup wajib dikendorkan.
3.      Tutup autoclave rapat-rapat dan kencangkan baut pengaman supaya tak ada uap keluar. Jangan kencangkan klep pengaman terlebih dahulu.
4.      Nyalakan autoclave dan atur timer minimal 15 menit di suhu 121 derajat Celcius
5.      Tunggu hingga air mendidih agar uapnya memenuhi kompartemen dan terdesak keluar. Setelah itu barulah kencangkan klep pengaman dan tunggu hingga prosesnya selesai. Perhitungan 15 menit baru dimulai pada saat tekanan mencapai 2 atm.
6.      Apabila alarm telah berbunyi dan menandakan proses telah selesai, tunggu sampai tekanan dalam kompartemen mulai turun dan menjadi sama dengan tekanan udara pada lingkungan. Buka klep-klep pengaman lalu keluarkan isi autoclave secara hati-hati. Demikian adalah cara sterilisasi menggunakan autoclave dalam mensterilkan aneka peralatan medis.




CARA KERJA CAWAN PETRI

Image result for CAWAN PETRI
cawan petri berpasangan dengan yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar sebagai tutupnya.Prinsip kerjanya:Yaitu medium dapat dituang ke cawan bagian bawah dan cawan bagian atas sebagai penutup.

CARA KERJA GELAS UKUR
Image result for GELAS UKUR
·         Untuk mengukur volume larutan yang tidak berwarna, Anda harus memperhatikan batas meniskus cekung bagian bawah. Gelas ukur harus diletakan pada daerah yang datar dan meniskus dibaca sejajar dengan mata.
·         Untuk mengukur volume raksa, Anda harus memperhatikan batas meniskus cembung yang dilihat sejajar dengan mata dan meletakan gelas ukur pada bidang yang rata.
Perbedaan antara gelas ukur dan gelas kimia adalah, Gelas ukur sebagai alat ukur sedangkan gelas kimia adalah alat tampung. Penggunaan secara benar kedua gelas kimia ini akan sangat membantu Anda saat melakukan aktivitas di laboratorium.

CARA KERJA SHAKER
Image result for SHAKER
Sampel yang berwujud cairan ditempatkan dalam wadah tertentu seperti gelas piala, erlemeyer, labu kocok, tabung reaksi ataupun alat gelas lainnya. Selanjutnya, sampel dalam wadah akan diaduk (digoyang) secara orbital atau secara linear

CARA KERJA NERACA ANALITIK
1.      Disiapkan timbangan analitik dalam kondisi seimbang atau water pass (dengan mengatur sekrup pada kaki neracasehingga gelembung air di water pass tepat berada di tengah).
2.      Dibersihkan ruang dalam neraca analitik dengan menggunakan kuas. Piringan neraca dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan etanol/alkohol.
3.      Ditancapkan stop kontak pada stavolt.
4.      Ditekan tombol On kemudian tunggu hingga muncul angka 0,0000 g.
5.      Dimasukkan alas bahan (gelas arloji, kertas atau benda tipis) dengan membuka kaca tidak begitu lebar supaya tidak mempengaruhi perhitungan karena neraca analitik ini sangat peka.
6.      Ditutup kaca neraca analitik.
7.      Ditekan tombol zero supaya perhitungan lebih akurat.
8.      Dimasukkan bahan yang akan ditimbang dengan membuka kaca tidak begitu lebar, begitu pun ketika akan menambahkan atau mengurangi bahan untuk menyesuaikan massa yang diinginkan.
9.      Ditutup kaca.
10.  Ditunggu hingga angka di layar monitor neraca analitik tidak berubah-ubah dan sesuai dengan massa yang diinginkan.
11.  Diambil bahan yang telah ditimbang.
12.  Ditekan tombol Off hingga tidak ada angka di layar monitor neraca analitik.
13.  Dilepas stop kontak dari stavolt.

14.  Dibersihkan ruang dalam neraca analitik dengan menggunakan kuas. Piringan neraca dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan etanol/alkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar