Kamis, 29 November 2018

SENAM IRAMA


SENAM IRAMA
Gambar terkait
1.      Sejarah Senam Irama
Dr. Kenneth Cooper memperkenalkan kebugaran aerobic pada dunia pada tahun 1960-an. Pada tahun 1970-an tarian aerobic berubah sejak tarian yang populer. Pada saat itu, sekelompok orang mempelajari tarian dalam jangka waktu sekitar enam sampai delapan minggu. Tarian – tarian ini sering diadakan di gereja , pusat rekreasi, klub kebugaran dan juga sekolah. Pada masa ini, aerobic telah jauh berkembang pesat dan berbeda. Sekarang aerobic bisa dilaksanakan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang ada dalam Video Senam Aerobic.
Aerobic yang pakai pada saat ini tidak seperti tarian. Pada saat sekarang, aerobic memiliki gerakan yang tersusun, akan tapi penampilannya tidak terpaku pada musik. Sebagai tambahan pula, konsep aerobik ini telah berkembang dengan adanya berbagai macam jenis latihan seperti halnya latihan dengan kursi, low impact, high / low impact, step dan juga slide aerobic. Orang – orang telah mengetahui bahwa aerobik menolong mereka berpenampilan lebih baik dan merasa lebih baik dengan mendapatkan kesenangan dan kesehatan.
2.      Pengertian Senam Irama
Hasil gambar untuk sejarah senam iramaSenam irama atau bias dapat disebut juga senam ritmik merupakan gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilaksanakan secara berirama. Senam ritmik bias dipraktikan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering dipakai yaitu gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain. Gerak senam berirama adalah senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan mengembangkan seni gerak. Secara prinsip antara senam biasa dan gerak berirama tidak ada perbedaan, hanya saja pada gerak berirama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus diberikan pada gerak berirama yaitu irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan.
3.      Manfaat Senam Irama
Salah satu manfaat dari senam irama adalah membuat tubuh atlet menjadi sehat dan bugar. Seorang atlet senam irama biasanya terjaga proporsinya. Ia terlihat tegap, ramping, fleksibel, lentur, luwes, dan juga penuh energi. Tak hanya itu saja, manfaat dari senam irama juga dirasakan oleh para penonton. Senam irama dipercaya bisa memberikan kesenangan tersendiri dan bahkan mampu membujuk penonton agar rajin berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar