RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH)
TK AL-WITTRI
SEMESTER/BULAN/MINGGU : I/OKTOBER/XI
HARI/TANGGAL : SENIN/15 OKTOBER 2018
KELOMPOK/USIA : B1 5-6 TAHUN
TEMA :
PEKERJAAN
SUB TEMA : DOKTER
A. KOMPETENSI
DASAR (KD)
1. NAM
1.2 : Mempercayai
adanya Allah.
2. FM
3.3.4.3 : Menggunakan
anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus.
3. KOG
3.7.4.7 : Mengenal
lingkungan sosial ( keluarga,
teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi).
4. BAHASA
3.10.4.10 : Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan
membaca).
5. SOSEM
2.6 : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan.
6. SENI
3.15.4.15 : Mengenal
dan menghasilkan sebagai karya
dan aktifitas seni.
7. KOG
3.6.4.6 : Mengenal
benda-benda di sekitar.
B. MATERI
1. Anak
menyebutkan ciptaan-ciptaan Allah.
2. Anak
terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam beberapa aktifitas.
3. Anak
mengenal pekerjaan.
4. Anak
berani menceritakan kembali.
5. Nyanyi
pak dokter.
6. Tepuk
pak doktek.
7. Mengenal
aktifitas seni.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
kegiatan berbaris anak mencerminkan sikap taat aturan sehari-hari.
2. Anak
mampu menyebutkan nama pekerjaan.
3. Anak
mampu menjawab peralatan yang digunakan dokter.
4. Anak
mampu menyebutkan bentuk geometrik yang ada pada peralatan dokter.
5. Anak
mampu menceritakan kembali tentang pekerjaan dokter.
D. STRATEGI
1. Bercakap-cakap
2. Tanya
jawab
3. Praktek
langsung
4. Pemberian
tugas
E. ALAT/BAHAN
1. Gambar
dokter
2. Gambar
peralatan
3. Gambar
geometrik
4. Plastisin
F. PROSES
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal
·
Berdoa
·
Baca ayat pendek Surat Al-Falaq
·
Baca bacaan sholat
·
Bercakap-cakap tentang dokter
·
Tanya jawab tentang peralatan dokter
yang berbentuk geometrik
2. Kegiatan
Inti
·
Membuat segi empat dari plastisin
·
Menghubungkan bentuk segi empat sehingga
jadi kotak obat
3. Istirahat
·
Bermain bersama diluar kelas
·
Cuci tangan
·
Doa mau makan
·
Makan bersama
4. Penutup
·
Guru menjelaskan kegiatan hari ini
·
Menginformasikan kegiatan esok
·
Berdoa sesudah makan
·
Tepuk pak dokter
·
Nyanyi
·
Pulang
G. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
·
Keberanian, kesabaran
2. Pengetahuan
·
Anak dapat mengenal segi empat
·
Anak dapat membentuk kotak obat dari
plastisin
15 Oktober 2018
KEPALA
TK AL-WITRI
ELIYAR
YAKUP
NIP
: 1959 0822 198432001
|
|
GURU
B1
MITRA
YANTI
NIM
: 825907536
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH)
TK AL-WITTRI
SEMESTER/BULAN/MINGGU : I/OKTOBER/XI
HARI/TANGGAL : SELASA/16 OKTOBER 2018
KELOMPOK/USIA : B1 / 5-6 TAHUN
TEMA :
PEKERJAAN
SUB TEMA : NELAYAN
A. Kompetensi Dasar (KD)
1.
NAM 1.1.1.2 : Mempercayai adanya
Allah sebagai penciptanya.
2.
F.M 2.1 :
Memiliki prilaku yang mencerminkan
hidup sehat.
3.
KOG 3.6.4.6 : Mengenal benda di
sekitarnya (nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya).
4.
Bahasa 311.411 : Mengungkapkan bahasa
(bahasa ekpresif)
5.
SOSEM 2.7 : Memiliki prilaku
yang mencerminkan sikap sabar.
6.
Seni 3.15.4.15 : Mengenal dan
menghasilkan berbagai karya dan
aktifitas seni.
B. MATERI
1.
Anak menyebutkan ciptaan-ciptaan Allah.
2.
Anak terbiasa menjaga kebersihan.
3.
Anak dapat mengenal bentuk geometrik.
4.
Anak dapat menyebutkan tugas.
5.
Anak dapat mengenal perlengkapan yang di
gunakan nelayan.
6.
Anak mengenal aktifitas seni.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Anak berprilaku sabar.
2.
Anak mampu menyebutkan perlengkapan yang
di gunakan nelayan.
3.
Anak mampu menyebutkan manfaat setiap
perlengkapan nelayan.
4.
Anak mampu menyanyikan lagu pekerjaan.
D. STRATEGI
1.
Bercakap-cakap.
2.
Tanya jawab.
3.
Praktek langsung.
4.
Pemberian tugas.
E. ALAT /BAHAN
1.
Gambar.
2.
Gambar geometrik.
3.
Gambar alat pekerjaan.
4.
Plastisin.
F. PROSES PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
§ Berdoa.
§ Baca
ayat pendek surat Al-Falaq
§ Baca
bacaan sholat.
§ Bercakap-cakap
tentang pak nelayan.
§ Tanya jawab tentang
perlengkapan pak nelayan yang berbentuk
2.
Kegiatan Inti
§
Membuat segi tiga yang ada
pada perlengkapan nelayan.
§
Menghitung jumlah segi tiga yang ada pada gambar perahu.
§
Membentuk perahu dari plastisin.
3.
Istirahat
§
Bermain bersama.
§
Cuci tangan.
§
Doa mau makan.
§
Makan bersama.
4.
Penutup
§
Guru menjelaskan kegiatan hari ini.
§
Menginformasikan kegiatan besok.
§
Berdoa sesudah makan.
§
Nyanyi.
§
Pulang.
G. RENCANA PENILAIAN
1.
Sikap
§ Kesabaran,
kebersihan.
2.
Pengetahuan
§ Anak
dapat mengenal segi tiga dari
plastisin.
§ Anak
dapat menghitung segi tiga segi empat, lingkaran pada gambar perahu.
16 Oktober 2018
KEPALA
TK AL-WITRI
ELIYAR
YAKUP
NIP
: 1959 0822 198432001
|
|
GURU
B1
MITRA
YANTI
NIM
: 825907536
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH)
TK AL-WITTRI
SEMESTER/BULAN/MINGGU : I/OKTOBER/XI
HARI/TANGGAL : RABU/17 OKTOBER 2018
KELOMPOK/USIA : B1 / 5-6 TAHUN
TEMA :
PEKERJAAN
SUB TEMA : PAK TUKANG
A. KOMPETENSI DASAR (KD)
1. NAM
1.1.1.2 : Mempercayai adanya Allah sebagai penciptanya.
2. F.M
3.3.4.3 : Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya
untuk mengembangkan motorik kasar
dan motorik
halus.
3. KOG
3.9.4.9 : Mengenal dan menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga,
peralatan bermain, peralatan
pertukangan dan lain-lain).
4. KOK
3.6.4.6 : Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna,
bentuk, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri
lainnya).
5. Bahasa
312.412 : Mengenal keaksaraan awal melalui bermain.
6. Sosem
2.9 : Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap peduli
dan mau membantu jika diminta
bantuannya.
7. Seni
3.15.4.15 : Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan
aktifitas seni.
B. MATERI
1.
Anak menyebutkan ciptaan Allah.
2.
Anak terampil menggunakan tangan kanan
dan tangan kiri.
3.
Anak mengenal benda-benda di sekitar
yang berbentuk geometrik.
4.
Anak mengenal nama peralatan yang
dipakai pak tukang.
5.
Anak mengenal aktifitas seni.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Anak memiliki sikap peduli dan mau
membantu.
2.
Anak mampu menyebutkan benda-benda
disekitar.
3.
Anak mampu menyebutkan huruf awal dari
nama pekerjaan.
D. STRATEGI
1.
Bercakap-cakap.
2.
Tanya jawab.
3.
Praktek langsung.
4.
Pemberian tugas.
E. ALAT /BAHAN
1.
Gambar pak tukang.
2.
Kartu gambar geometrik.
3.
Plastisin.
F. PROSES PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
§ Berdoa.
§ Baca
ayat pendek surat An Nas.
§ Baca
bacaan sholat.
§ Bercakap-cakap
tentang pak tukang
§ Tanya
jawab tentang peralatan pak tukang yang membentuk segi tiga, lingkaran dan segi
empat.
2.
Kegiatan Inti
§ Menyebutkan
nama benda yang berbentuk lingkaran, segi tiga, dan segi empat.
§ Membuat
segi tiga dan lingkaran dari plastisin.
3.
Istirahat
§ Bermain
bersama.
§ Cuci
tangan.
§ Doa
mau makan.
§ Makan
bersama.
4.
Penutup
§ Guru
menjelaskan kegiatan hari ini.
§ Menginformasikan
kegiatan besok.
§ Berdoa
sesudah makan.
§ Nyanyi.
§ Pulang.
G. RENCANA PENILAIAN
1.
Sikap
§ Peduli,
mau membantu
2.
Pengetahuan
§ Anak
dapat mengenal lingkaran, segi tiga dan segi empat.
§ Anak
dapat membuat segi tiga dan lingkaran dari plastisin
17 Oktober 2018
KEPALA
TK AL-WITRI
ELIYAR
YAKUP
NIP
: 1959 0822 198432001
|
|
GURU
B1
MITRA
YANTI
NIM
: 825907536
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH)
TK AL-WITTRI
SEMESTER/BULAN/MINGGU : I/OKTOBER/XI
HARI/TANGGAL : KAMIS/18 OKTOBER 2018
KELOMPOK/USIA : B1 / 5-6 TAHUN
TEMA :
PEKERJAAN
SUB TEMA : PAK KUSIR
A. KOMPETENSI DASAR (KD)
1. Nam
1.1.1.2 : Mempercayai adanya Allah sebagai penciptanya.
2. F.M
2.3 : Memiliki prilaku yang mencerminkan sikap
kreatif.
3. KOG
3.6.4.6 : Mengenal benda-benda di sekitarnya ( nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi dan
ciri-ciri lainnya).
4. Bahasa
310.410 : Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca).
5. Sosem
212 : Memiliki prilaku yang bersifat taggung jawab.
6. Seni
315.415 : Mengenal dan menghasilkan berbagai karya dan
aktifitas seni.
B. MATERI
1.
Baca doa-doa
2.
Sikap kreatif
3.
Anak mengenal benda di sekitar
berdasarkan bentuk
4.
Bahasa reseptif
5.
Prilaku tanggung jawab
6.
Berbagai karya dan aktifitas seni
7.
Nyanyi naik “ Delman”
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Anak mampu berdoa
2.
Anak mampu bercerita tentang
3.
Anak bisa menjelaskan tentang
4.
Anak mampu bertanggung jawab
5.
Anak mampu membuat hasil karya
D. STRATEGI
1.
Bercakap-cakap
2.
Tanya jawab
3.
Praktek langsung
4.
Pemberian tugas
E. ALAT BAHAN
1.
Gambar Pak Kusir
2.
Gambar geometrik
3.
Alat dalam kelas
4.
Plastisin
F. PROSES PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan awal
§ Berdoa
§ Baca
ayat pendek surat An Nas
§ Baca
bacaan sholat
§ Tanya
jawab tentang “ Binatang Penarik Delman”
2.
Inti
§ Menbentuk
kuda dari plastisin
§ Menbentuk
roda delman dari plastisin
3.
Istirahat
§ Bermain
bersama
§ Cuci
tangan
§ Doa
mau makan
§ Makan
bersama
4.
Penutup
§ Guru
menjelaskan kegiatan hari ini
§ Menginformasikan
kegiatan besok
§ Berdoa
sesudah makan
§ Nyanyi
§ Pulang
G. RENCANA PENILAIAN
1.
Sikap
§ Bertanggung
jawab.
2.
Pengetahuan
§ Anak
dapat mengenal tentang perlengkapan yang di digunakan Pak Kusir.
18 Oktober 2018
KEPALA
TK AL-WITRI
ELIYAR
YAKUP
NIP
: 1959 0822 198432001
|
|
GURU
B1
MITRA
YANTI
NIM
: 825907536
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ( RPPH)
TK AL-WITTRI
SEMESTER/BULAN/MINGGU : I/OKTOBER/XI
HARI/TANGGAL : JUMAT/19 OKTOBER 2018
KELOMPOK/USIA : B1 / 5-6 TAHUN
TEMA :
PEKERJAAN
SUB TEMA : TUKANG BAKSO
A. KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Nam 3.1.4.1 : Menggunakan
doa-doa sehari-hari melakukan
ibadah
sesuai dengan agamanya (berdoa).
2.
F.M 2.1 :
Memiliki prilaku yang mencerminkan hidup
sehat
3.
KOG 3.6.4.6 : Mengenal
benda-benda di sekitarnya ( nama,
warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur,
fungsi dan ciri-ciri lainnya).
4.
Bahasa 312.412 : Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain.
5.
Sosem 2.6 : memiliki prilaku yang mencerminkan sikap
taat
terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kesiplinan.
6.
Seni 3.15.4.15 : Mengenal
dan menghasilkan sebagai i karya
dan
aktifitas seni.
B. MATERI
1.
Berdoa.
2.
Prilaku sehat.
3.
Menyebutkan guna pekerjaan.
4.
Membuat alat-alat pekerjaan.
5.
Sikap disiplin.
6.
Nyanyi tukang bakso.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Anak mampu berdoa.
2.
Anak dapat mengenal pekerjaan.
3.
Anak bersikap disiplin.
4.
Anak bisa menjelaskan bentuk bakso
D. STRATEGI
1.
Bercakap-cakap.
2.
Tanya jawab.
3.
Praktek langsung.
4.
Pemberian tugas.
E. ALAT BAHAN
1.
Gambar tukang bakso.
2.
Gambar geometrik.
3.
Plastisin.
F. PROSES PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan awal
§ Berdoa.
§ Baca
ayat pendek surat An Nas.
§ Baca
bacaan sholat.
§ Tanya
jawab tentang “ Tukang Bakso”.
2.
Kegiatan Inti
§ Menbentuk
bakso dari plastisin.
§ Menbentuk
gambar mangkok dari plastisin.
3.
Istirahat
§ Bermain
bersama.
§ Cuci
tangan.
§ Doa
mau makan.
§ Makan
bersama.
4.
Penutup
§ Guru
menjelaskan kegiatan hari ini.
§ Menginformasikan
kegiatan besok.
§ Berdoa
sesudah makan.
§ Nyanyi.
§ Pulang.
G. RENCANA PENILAIAN
1.
Sikap
§ Disiplin.
2.
Pengetahuan
§ Anak
dapat mengenal perlengkapan yang di di pakai tukang bakso.
§ Anak
dapat mengenal segi tiga, segi empat, lingkaran.
19 Oktober 2018
KEPALA
TK AL-WITRI
ELIYAR
YAKUP
NIP
: 1959 0822 198432001
|
|
GURU
B1
MITRA
YANTI
NIM
: 825907536
|
SKENARIO
PERBAIKAN
TUJUAN PERBAIKAN : Upaya meningkatkan kemampuan otorik
halus
anak dengan kegiatan membentuk
macam-macam
geometrik dengan plastisin di TK Al-Witri.
SIKLUS :
II (Dua)
HARI/
TANGGAL : Jumat/ 19 Oktober
2018
Hal-Hal Yang Diperbaiki / Di Tingkatkan
A.
Kegiatan Pengembangan 1 (Pembukaan).
1. Judul
kegiatan bercakap-cakap tentang
Pekerjaan : Dokter, Nelayan, Pak Tukang, Pak Kusir,
Tukang Bakso.
2. Pengelolaan
Kelas.
·
Penataan Ruang : Di laksanakan di kelas
·
Pengorganisasian Anak : Anak di bagi tiga kelompok
3. Guru
membagi lembar kerja anak
B.
Kegiatan Pengembangan 2 (Inti)
1. Judul
kegiatan : Membentuk bakso dari Plastisin
2. Pengelolaan
Kelas
·
Membagikan lembar kerja anak.
·
Guru menyuruh anak mengerjakan tugasnya.
·
Guru mrngumpulkan lembar kerja yang telah selesai.
3. Langkah-langkah
perbaikan :
·
Guru mrnyiapkan plastisin dan
bentuk-bentuk geometrik dan mengatur tempat duduk anak-anak.
·
Guru menjelaskan kegiatan yang akan
dilakukan.
·
Guru menyebutkan nama geometrik.
C.
Kegiatan Pengembangan III (Penutup)
1. Judul
Kegiatan : Tanya jawab kegiatan hari ini.
2. Pengelolaan
Kelas
a. Penataan
ruang.
·
Anak duduk di area kosong di atas
karpet.
b. Pengorganisasian.
·
Anak duduk bersama anak dalam lingkaran.
3. Langkah-Langkah
Perbaikan :
·
Guru menjelaskan tempat-tempat
pekerjaan.
·
Guru melaksanakan kegiatan yang melatih
motorik halus dan mengembangkan seni membentuk dari plastisin.
·
Guru memberikan pujian.
·
Guru dan anak menyanyi bersama dengan
gembira.
RENCANA KEGIATAN
SIKLUS II
No.
|
Kegiatan awal
|
Kegiatan inti
|
Penutup
|
1.
|
· Bercerita
tentang Dokter .
· Anak mengamati cara
membuat segi empat dengan
plastisin
|
· Membuat segi empat
dari plastisin.
· Menghubungkan
bentuk segi empat sehingga menjadi kotak obat.
|
· Menanyakan
kegiatan hari ini.
· Menginformasikan
kegiatan esok.
· Berdoa.
· Nyanyi.
· Pulang.
|
2.
|
·
Tanya jawab tentang Nelayan.
·
Anak mengamati cara membuat
dengan Plastisin.
|
·
Membuat segi tiga dari Plastisin
·
Menghitung jumlah segi tiga yang ada pada gambar.
|
· Menanyakan
kegiatan hari ini.
· Menginformasikan
kegiatan esok.
· Berdoa.
· Nyanyi.
·
Pulang.
|
3.
|
·
Bercakap-cakap tentang Pak Tukang.
·
Anak mengamati cara membentuk dari Plastisin.
|
·
Menyebutkan
nama benda yang berbentuk lingkaran, segi tiga, dan segi emat di gambar yang
di buat Pak Tukang.
·
Membuat
segi tiga dan lingkaran dari Plastisin.
|
· Menanyakan
kegiatan hari ini.
· Menginformasikan
kegiatan esok.
· Berdoa.
· Nyanyi.
·
Pulang.
|
4.
|
·
Bercakap-cakap.
·
Tanya jawab tentang binatang penarik Delman.
·
Anak mengamati cara membentuk roda Delman dari
Plastisin.
|
·
Membentuk
roda Delman dari Plastisin.
|
· Menanyakan
kegiatan hari ini.
· Menginformasikan
kegiatan esok.
· Berdoa.
· Nyanyi.
·
Pulang.
|
5.
|
·
Bercakap-cakap tentang Tukang Bakso
·
Anak mengamati cara membentuk mangkok bakso dari
Plastisin.
|
·
Membentuk
bakso dari Plastisin.
·
Membentuk
mangkok bakso dari plastisin.
|
· Menanyakan
kegiatan hari ini.
· Menginformasikan
kegiatan esok.
· Berdoa.
· Nyanyi.
·
Pulang.
|
6.
Tampilan
Dokumen Rencana
Perbaikan Pembelajaran
6.1 Keindahan, kebersihan, dan keberanian.
|
1 2 3 4 5
|
|||
6.2 Penggunaan bahasa
tulis
|
1 2 3 4 5
Rata-rata 6 = F
|
Nilai APKF = R
R
= + + + + =
6
Padang,
Oktober 2018
SUPERVISOR
2
ELIYAR
YAKUB
NIP
: 1959 0822 1984 32001
|
|
PENILAI
2
CICI
SRIWAYUNI S.Pd
|
7. Kesan umum pelaksanaan perbaikan
Kegiatan pengembangan
7.1 Keefektifkan
proses perbaikan kegiatan pengembangan.
|
1 2 3 4 5
|
|||
7.2 Penggunaan
bahasa Indonesia lisan
|
1 2 3 4 5
|
|||
7.3 Peka
terhadap ketidak sesuaian prilaku dan kesalahan berbahasa anak
|
1 2 3 4 5
|
|||
7.4 Penampilan
guru dalam perbaikan kegiatan pengembangan
|
1 2 3 4 5
Rata-rata 7 = G
|
Nilai APKF = R
R
= + + + + =
7
Padang,
Oktober 2018
SUPERVISOR
2/PENILAI 1
ELIYAR
YAKUB
NIP
: 1959 0822 1984 32001
|
|
PENILAI
2
CICI
SRIWAYUNI S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar