Jumat, 17 Agustus 2018

ARTI LAMBANG PANCASILA


ARTI LAMBANG PANCASILA
Lambang Pancasila
Sila Pertama :
Makna Sila pertama Bintang Tunggal
Makna Sila pertama Bintang Tunggal via markijar
Lambang dari sila pertama Pancasila adalah bintang dengan lima sudut sebagai simbol Ketuhanan yang Maha Esa. Makna yang terkandung adalah bintang sebagai bentuk cahaya batin kepada setiap manusia.
Kemudian warna latar belakangnya adalah hitam memiliki makna bahwa alam ini gelap. Sehingga adanya bintang atau Tuhan menjadi cahaya penerang bagi manusia agar tidak tersesat. Makna lebih dalamnya, Tuhan adalah asal dari segala yang ada di dunia ini
Sila Kedua :
Makna Sila kedua Rantai Emas
Makna Sila kedua Rantai Emas via markijar
Sila kedua berbunyi kalimat Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan dilambang sebagai Rantai. Bentuk dari rantai adalah segi empat dengan saling terhubung dengan biji rantai yang lain. Bentuk keseluruhan dari rantai ini adalah lingkang memanjang.
Makna yang terkandungpada rantai yang berbentuk segi empat adalah laki-laki. Sedangkan perempuan dilambangkan sebagai lingkaran. Maksudnya kedua merupakan kombinasi yang saling terkait. Oleh karena itu, laki-laki dan perempuan haruslah saling berpadu untuk menghasilkan kehidupan (rantai) yang kuat.
Sila Ketiga :
Makna Sila Ketiga Pohon Beringin
Makna Sila Ketiga Pohon Beringin via markijar
Lambang dari Sila ke tiga adalah Pohon Beringin dengan kalimat yang terkandung adalah Persatuan Indonesia. Makna pada pohon beringin adalah pepohonan yang memiliki daun yang dapat menjadi tempat manusia untuk berteduh.
Ibaratnya adalah negara ini yang menjadi tempat hidup bagi seluruhs rakyat Indonesia. dari ujung Sabang sampai Merauke, dari suku pedalaman sampai masyarakat perkotaan. Semua sama dan berhak untuk hidup di dalam negara ini.
Selain pada daun, lambang pohon beringin memilki akar dan sulur yang sangat kuat. Sehingga mampu menjangkau ke segala arah. Maknanya adalah bawah bangsa Indonesia meruapakan bangsa yang sangat beragam.
Sila Keempat :
Makna Sila keempat Kepala Banteng
Makna Sila keempat Kepala Banteng via markijar
Pada sila ke Empat dilambangkan dengan Kepala Banteng. Kalimat pada ini adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.
Makna dari kepala banteng ialah mengambil dari sikap hewan ini yang selalui bersama dengan sesamanya. Hal itu dilakukan agar terhindar dari terkaman hewan pemangsa.
Ibaratnya adalah orang-orang yang musyarawah maka apapun keputusan yang ambil harus melalui fase perdiskusian.
Sila Kelima:
Makna Sila Kelima Padi Kapas
Makna Sila Kelima Padi Kapas via markijar
Simbol padi dan kapas terletak pada sila kelima yang disertai kalimat Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Makna dari padi dan kapas adalah makanan dan kebutuhan pokok dari Manusia.
Setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan sandang dan pangan secara sama. Suatu bangsa juga akan dikatakan baik bila hal tersebut sudah bisa dirasakan oleh seluruh lapisan rakyatnya. Sehingga terciptalah keadilan yang tanpa pandang bulu, semua sama dimata negara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar