Jumat, 17 Agustus 2018

Fungsi hati, Hati, DAN Proses Pembentukan Cairan Empedu


Fungsi hati
Fungsi Kulit
1. Sebagai alat pengeluaran
Kulit berfungsi mengeluarkan sisa metabolisme dalam tubuh berupa keringan yang mengandung garam, air, dan zat lainnya.
2. Sebagai pengatur suhu tubuh
Ketika suhu lingkungan panas, maka pembuluh darak kita akan melebar dan akan mengeluarkan panas ke udara yang ditandai dengan keluarnya keringat pada kulit. Sebaliknya pada saat suhu lingkungan dingin, maka pembuluh darah sektiar permukaan kulit akan mengkerut.
3. Sebagai tempat pembentukan vit D
Pada bagian bawah permukaan kulit kita terdapat provitaminD yang bisa diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari di pagi hari. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk jalan-jalan pagi dari jam 6 hingga jam 9 pagi karena sinar mataharinya masih menyehatkan tubuh.
200%; text-align: justify;"> 4. Sebagai tempat penyimpanan kelebihan makanan
Pada bagian kulit kita terdapat jaringan adipose yang fungsinya untuk menyimpan lemak. Jadi ketika tubuh kita kelebihan zat makanan dari sisa metabolisme akan disimpan dalam bentuk lemak yang terdapat pada bagian bawah kulit kita. Selain lemak terdapat air juga.
Pada waktu cuaca yang dingin, lemak dalam tubuh berfungsi untuk mencegah seseorang kedinginan. Pada waktu dingin itulah lemak yang ada di bawah permukaan kulit kita dibakar sehingga tubuh tetap terasa hangat.
5. Sebagai pelindung tubuh
Kulit kita berperan penting dalam melindungi tubuh kita. Kulit melindungi tubuh kita dari benda-benda yang kasar, dari tekanan, dari benda yang bersifat kimia, dan dari benda yang bersifat biologis seperti jamur dan bakteri. Kulit juga melindungi tubuh dari sinar ultraviolet dari pancaran matahari.



Proses pengeluaran keringat ditentukan oleh pusat pengaturan suhu, yaitu Hipotalamus (otak). Jika pusat pengatur suhu memperoleh rangsangan, misalnya berupa perubahan suhu. Bila suhu tubuh kita meningkat atau suhu udara di lingkungan kita tinggi, pembuluh-pembuluh darah di kulit akan melebar. Hal ini mengakibatkan banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut. Karena pangkal kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka terjadilah penyerapan air, garam dan sedikit urea oleh kelenjar keringat. Kemudian air bersama larutannya keluar melalui pori-pori yang merupakan ujung dari kelenjar keringat. Keringat yang keluar membawa panas tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Kelenjar keringat menyerap air dan garam, terutama garam dapur dan darah di pembuluh kapiler. Keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori di permukaan kulit akan menyerap panas tubuh sehingga suhu tubuh menjadi tetap. Pada keadaan normal. keringat akan keluar dari tubuh sebanyak sekitar 50 mL setiap jam. .

Fungsi Hati
1. Detoksifikasi darah
Fungsi hati yang pertama adalah untuk detoksifikasi darah. Detoksifikasi, atau proses pembuangan racun, darah melibatkan pembuangan berbagai senyawa yang diangggap berbahaya bagi tubuh manusia. Racun-racun ini sendiri bisa berasal dari obat-obatan atau alkohol yang dikonsumsi.
2. Pengatur suhu tubuh
Tahukah Anda, bahwa hati bekerja untuk meningkatkan suhu tubuh saat lingkungan di sekitar dingin, dan menurunkan kembali suhunya saat lingkungan di sekitar panas? Ya, inilah yang menjadi salah satu fungsi hati; mengatur suhu tubuh Anda agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
3. Merangsang produksi cairan empedu
Untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan bagi kegiatan sehari-hari, makanan yang Anda konsumsi harus dirombak sedemikian rupa di sistem pencernaan. Proses perombakan makanan ini tidak dapat berjalan dengan baik bila kesehatan organ hati terganggu. Mengapa? Karena organ ini berfungsi untuk merangsang pembentukan cairan empedu –senyawa dalam tubuh yang bekerja dengan cara merombak zat makanan sekaligus mengemulsi lemak

4. Membuang billirubin
Ternyata, warna kuning pada feses dan urin berasal dari pembuangan zat billirubin dari tubuh. Organ hati lah yang memtori pembuangan billirubin ini. Karenanya, tidak heran jika kesehatan organ hati terganggu, kulit pasien akan terlihat lebih kuning dari biasanya. Ini diakibatkan adanya penumpukan billirubin di tubuh.
5. Menyempurnakan pembentukan sel darah merah
Fungsi hati selanjutnya adalah memprodukisi hermatin yang dibutuhkan tubuh untuk menyempurnakan proses pembentukan sel darah merah, atau eritrosit. Terlebih lagi bagi ibu hamil, kesehatan organ hati harus sangat diperhatikan karena erat kaitannya dengan proses pembentukan eritrosit janin.

ini merupakan postingan pertama mengenai pelajaran biologi. Pada kesempatan kali ini    saya akan memberikan sedikit materi tentang porses pembentukan cairan empedu.


Cairan empedu berasal dan penghancuran hemoglobin dan eritrosit yang sudah cukup tua. Kemudian Hemoglobin ini akan dirauikan menjadi sebuah hemin, zat besi, dan globin. Globin dan zat besi akan disimpan di dalam hati lalu dikirim ke sum-sum tulang merah.

Zat-zat tersebut digunakan dalam pembentukan antibodi atau disebut hemoglobinbaru. Selain itu, Hemin akan dirombak menjadi bilirubin dan biliverdin. Bilirubin dan biliverdin ini merupakan zat warna bagi empedu yang mengandung sebuah warna hijau-biru.

Zat warna tersebut akan mengalami oksidasi dan urobilin di dalam usus. Urobilin kemudian dikeluarkan dalam tubuh dan memberi warna kekuningan pada fesen dan urin.

Pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida terjadi di alveolus dan di sel jaringan tubuh melalui proses difusi. Oksigen akan berdifusi masuk ke darah dalam kapiler darah yang menyelubungi alveolus. Kemudian, oksigen akan diikat oleh hemoglobin. Hemoglobin adalah zat warna merah pada sel darah merah.
Difusi bergantung pada perbedaan dalam kualitas yang disebut tekanan parsial. Pada waktu tekanan udara luar suatu atmosfer (760 mmHg), besarnya tekanan oksigen paru-paru 150 mmHg, di arteri 100 mmHg, di vena 40 mmHg, dan di jaringan 40 mmHg, sehingga oksigen dapat berdifusi ke sel-sel jaringan tubuh. Proses difusi berlangsung sederhana, yaitu hanya dengan gerakan molekul-molekul secara bebas melalui membran sel dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar